haid saat mau umroh tuh hal yang umum dialami oleh wanita, tapi sini MG kasi tau caranya kalau kalian haid saat umroh, supaya tetap bisa umroh dengan lancar.


pertama, kalian bisa coba dengan tindakan preventif ini. jadi sebelum memilih tanggal keberangkatan baiknya kalian sesuaikan dulu dengan tanggal kalian biasa haid, misal biasanya haid di awal bulan, jadi kalian mungkin bisa ambil paket umroh yg di tanggal tanggal akhir bulan gitu.


kedua, kalau kalian jadwal haidnya ga beraturan, kalian juga bisa konumsi obat obat hormonal yang berfungsi untuk menghentikan menstruasi sementara. biasanya bisa dengan mengkonsumsi pil kb, ibuprofen atau pil primolut. tapi pastikan sebelum memutuskan untuk konsumsi obat ini kalian harus konsultasi ke dokter dulu ya


ketiga, ini adalah kemungkinan terburuk yang pastinya ga kita inginkan. yaitu haid tetap terjadi walaupun kita sudah melakukan tindakan preventif diatas. ya, pada dasarnya dari rukun rukun umroh ini hanya thawaf saja yang wajib dilakukan dalam keadaan suci. tapi kan rukun umroh harus dilaksanakan dengan tertib, tidak boleh ada rukunnya yang dilewati. jadi kalau belum bisa thawaf ya artinya belum bisa menunaikan ibadah umroh secara sempurna. kalau sudah begini akan muncul 2 kondisi, kondisi pertama jika memungkinkan perempuan ini pulang dulu lalu kembali lagi saat sudah suci dan melanjutkan ibadah umrohnya. tapi ini hanya berlaku untuk warga lokal biasanya. 


dan kondisi ke 2 adalah jika wanita tersebut tidak memungkinkan pulang dulu, karena perjalanan yang jauh dan biaya yang terbatas, maka wanita ini masuk ke dalam kategori darurat. sehingga gugur baginya syarat suci haid untuk menyelesaikan ibadah umrohnya. jadi boleh masuk masjidil haram dan thawaf dalam kondisi haid. tapi pastikan ia melakukan istitsfar atau menggunakan pembalut sehingga darah tidak menetes di lantai masjid.


wallahu a'lam bishowab