boleh banget dong, cuma memang ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, karena kondisi ibu hamil ini kan ga bisa disamakan dengan jamaah pada umumnya, apa aja sih?


pertama, pastikan usia kandungan tidak lebih dari 8 bulan. ya sebenernya boleh boleh saja ibu hamil dengan usia kehamilan 8 bulan ke atas untuk berangkat umroh. cuma yang dikhawatirkan jika tiba tiba kontraksi selama mengikuti perjalanan ibadah umroh, dan akhirnya harus melahirkan di saudi, itu akan sangat merepotkan. karena sebagaimana kita ketahui persiapan persalinan itu sangat kompleks. dan sang ibu juga butuh waktu recovery yang tidak sebentar pasca melahirkan, belum juga sang ibu masih harus melewati masa nifas sehingga sang ibu harus melewatkan berbagai macam ibadah lainnya. 


kedua, jika ibu hamil berkenan untuk berangkat umroh, pastikan ibu hamil dapat kontrol ke dokter kandungan terlebih dahulu sebelum resmi berangkat umroh. pastikan bahwa kondisi ibu hamil bukanlah kondisi yang ber resiko, dan dokter wajib memastikan keamanan kondisi ibu hamil memang aman dan layak terbang. jangan lupa juga untuk mintakan surat dokter yang menyatakan bahwa ibu hamil aman dan layak terbang ya!


ketiga, bekali ibu hamil dengan asupan nutrisi yang cukup. bawa vitamin yang diberikan oleh dokter kandungan, susu ibu hamil jika diperlukan, cemilan sehat, dan pastikan juga ibu hamil dapat ter hidrasi dengan baik selama menjalankan program umroh.


keempat, untuk perlengkapan, selebihnya sama sebagaimana yang dibawa jamaah umroh lainnya. namun jika kondisi fisik ibu dirasa tidak cukup kuat untuk melakukan jalan kaki dengan intensitas yang sering, silahkan dapat menyewa kursi roda agar ibu tidak kelelahan. 


satu hal yang wajib dipastikan juga, bahwa ibu hamil diharapkan mendapatkan support yang baik dari suami, karena perjalanan umroh saat hamil ini akan sangat melelahkan, dan mungkin akan menyebabkan pegal di beberapa bagian tubuh, seperti pinggang, kaki dan beberapa bagian tubuh lainnya. jadi mohon supportnya dari bapak juga yaa!


Coba komen dong buat kalian yang punya pengalaman umroh saat hamil!