Thaif emang gapernah gagal dalam membuat jamaah umroh terkagum-kagum. Bagaimana tidak? Pasalnya Thaif selain mengandung nilai sejarah Islam yang penuh makna, Kota Thaif juga menawarkan berbagai atrakasi wisata menarik yang cocok untuk dikunjungi jamaah umroh selama berada di Saudi. Apa saja sih destinasi menarik khas Thaif? Berikut 5 destinasi menarik di Thaif yang wajib kamu kunjungi!


1. Masjid Ibnu Abbas. 

Masjid ini merupakan masjid yang dibangun oleh salah satu Sahabat yaitu Ibnu Abbas radhiyallahu anhu. Di samping masjid ini juga terdapat makam dari beliau radhiyallahu anhu. Jadi selain kita bisa belajar sejarah, kita juga bisa sambil ziarah ke makam sahabat.


2. Kebun Mawar Thaif. 

Kebun bukan sembarang kebun, kebun ini merupakan salah satu kebun yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kenapa? Karena di kebun mawar ini lah semua wewangian yang digunakan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi berasal. Di kebun mawar ini kalian bisa melihat proses pengolahan bunga mawar hingga menjadi minyak wangi yang sering kita jumpai di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.


3. Telefric. 

Secara geografis penampang alam kota Thaif ini dipenuhi dengan berbagai macam perbukitan berbatu. Namun saat musim dingin tiba, bukit ini kerap kali ditumbuhi oleh berbagai tanaman hijau. Dengan kondisi geografis seperti ini, nampaknya cara terbaik untuk menikmati pemandangan kota Thaif adalah dengan melihatnya dari ketinggian. Makadari itu mengendarai Telefric atau kereta gantung bisa menjadi opsi terbaik untuk menikmati pemandangan kote Thaif. Jadi jangan lupa untuk dicoba ya!

4. Tobboggan.

Sama halnya dengan Telefric, kita juga bisa menikmati pemandangan kota Thaif dengan cara yang lebih seru. Seperti naik Tobboggan misalnya. Dengan Tobboggan, kalian bisa menikmati kelokan bukit berbatu di kota Thaif dengan sangat menyenangkan. Tobboggan ini merupakan sebuah wahana permainan seperti roller coaster yang mana kita bisa meluncur dengan wahana ini pada rel tertentu yang mengelilingi bukit. Walaupun menyenangkan, perlu di catat bahwa wahana ini tidak cocok untuk dimainkan oleh lansia dan anak dibawah 5 tahun ya. Karna bisa jadi terlalu ekstrim bagi mereka. (source:trip.com)


5. Pasar Buah Thaif

Beberapa tahun kebelakang dulu sempat ada pasar buah yang melegenda di kota Thaif, tapi sayang di tahun 2022, pasar ini dirubuhkan oleh pemerintah untuk dibangun pasar yang buah yang baru lagi. Walaupun kota Thaif termasuk kota yang kering, namun disana buah buahan dapat dengan mudah didapatkan. Bahkan bukan hanya mudah, jenisnya pun beragam, unik dan harganya pun sangatlah murah. Sayang sampai saat ini pasar buah yang baru juga belum selesai dibangun, semoga tahun depan sudah bisa mengunjungi pasar buah Thaif kembali ya aamiin. (source: saudinesia.com)


Nah itu dia 5 destinasi wisata di kota Thaif, kira kira kalian tertarik untuk mengunjungi yang mana nih?