Perbedaan iklim, suhu dan zona waktu sering kali membuat tubuh kita harus berusaha lebih dalam menyesuaikan diri. Maka dari itu, tak jarang kita menjumpai tubuh kita terserang berbagai macam penyakit saat umroh. Diantara penyakit yang sering menjangkiti jamaah umroh antara lain sebagai berikut:


pertama, flu. flu ini meliputi gejala umum seperti meriang, pusing, pilek, batuk dan demam ya. untuk antisipasi sakit ini kalian bisa bawa paracetamol dan beberapa obat flu dan batuk ya


kedua, radang. radang ini juga sering menjangkiti beberapa jamaah umroh di saudi. penyebabnya bisa karna cuaca yang terlalu panas dan kering, kurang minum atau infeksi bakteri. untuk antisipasi penyakit ini kalian bisa sedia obat kumur, dan antiseptik hisap yang dijual bebas di apotik ya.


ketiga, sakit pencernaan. sakit pencernaan ini bisa diare atau sakit perut secara umum, biasanya faktor ketidak cocokan makanan menjadi penyebab utama nya. kalian bisa sediakan obat diare, anti mual atau antasida apalagi kalai kalian punya riwayat asam lambung


keempat, nyeri otot. karena selama umroh banyak aktifitas yang mengharuskan jalan kaki, ga jarang jamaah umroh terserang nyeri otot. untuk atasi nyeri otot ini kalian bisa sedia balsem, koyo atau krim otot ya.


ya mungkin ini aja sih penyakit yang sering menjangkiti jamaah umroh, memang masih termasuk kategori sakit yang ringan, tapi sakit ringan ini bukan tidak mungkin menghambat ke khusyu an ibadah kita selama umroh.


agar ibadah kita tidak terganggu, baiknya kita senantiasa menjaga kesehatan, makan dan istirahat yang cukup dan sedia obat obatan tadi ya!